online degree programs

Rabu, Juni 25, 2008

DUNIA SERBA TUHAN ATAWA TUHAN SEMAKIN BANYAK

Oleh: Mularto Mulyohadi


Di mana-mana semakin banyak tuhan
Di Irak dan Iran
Di Israel dan Afganistan
Di Libanon dan Nikaragua
Di India dan Srilangka
Di Jepang dan Cina
Di Korea dan Pilipina

Tuhan semakin banyak
Di Amerika dan Rusia
Di Eropa dan Asia
Di Afrika dan Australia
Di NATO dan PAlta Warsawa
Di PBB dan badan-badan dunia

Dimana-mana tuhan, ya Tuhan
Disini pun semua serba tuhan
Disini pun tuhan merajalela
Memenuhi desa dan kota
Mesjid dan gereja
Kuil dan pura
Menggagahi mimbar dan seminar
Kantor dan sanggar
Dewan dan pasar
Mendominasi lalu lintas
Orpol dan ormas
Swasta dan dinas

Ya Tuhan, di sana-sini semua serba tuhan
Pernyataanku pernyataan tuhan!
Kebijaksanaanku kebijaksanaan tuhan!
Keputusanku keputusan tuhan!
Pikiranku pikiran tuhan!
Pendapatku pendapat tuhan!
Tulisanku tulisan tuhan!
Usahaku usaha tuhan!
Khutbahku khutbah tuhan!
Fatwaku fatwa tuhan!
Lembagaku lembaga tuhan
Jama'ahku jamaah tuhan!
Keluargaku keluarga tuhan!
Puisiku puisi tuhan!
Kritikanku kritikan tuhan!
Darahku darah tuhan!
Akuku aku tuhan!

Ya Tuhan!


Catatan: dikirim melalui email oleh : mularto@gmail.com

9 komentar:

Anonim mengatakan...

tuhanku mungkin berbeda dengan tuhanmu juga tuhannya
tapi Tuhan kita sama!

Anonim mengatakan...

mungkin ini yang dimaksud Erich fromm dengan tuhan2 sejarah...

tuhan2 ciptaan manusia...

bukan Tuhan (Haqq)

mungkin seperti itu saudara Mularto?

Anonim mengatakan...

sodara...
hati-hati berbicara masalah TUHAN..
bisa-bisa terjebak musyrik....

kalo tidak salah dalam al Quran sudah diterangkan bahwa melecehkan tuhan itu musrik,

hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Anonim mengatakan...

tolong bung anonim beri tahu saya di ALquran mana, surat apa halaman berapa ayat apa...

koq saya pikir tidak usah hati - hati membicarakan tentang Tuhan.. bukankah Dia memang MAHAMAHAMAHAMAHAMAHA TAHU...
jangankan yang hanya tidak hati-hati dalam membicarakan.. yang terjadi dengan kita kemarin-hari ini-besok.. siapa yang tahu, SANG MAHA PENCIPTALAH yang tahu
iya khan?

HIIIIIIIIIIIIII HIIIIIIIII HIIIIIIIIIII

Anonim mengatakan...

kontradiktif!
semua berani berbicara tentang tuhan tetapi tetap bersembunyi dalam anonimitas.

ternyata kita masih melihat belenggu2 itu. entah itu baik-atau sebaliknya..

yang jelas, akal adalah pemberian tuhan.akal itu terbatas, tetapi kita tak pernah tau batasnya. maka itu yang saya anggap sebagai dasar bahwa Tuhan lebih dari makhluq. batas akal saya kira masih berada dalam kekuasaanNya..

Anonim mengatakan...

bukan tuhanku bukan tuhanmu bukan tuhan mereka bukan tuhan siapa-siapa..
tuhan adalah tuhan, tuhan tidak di tuhankan..
tuhan menuhankan sendiri, tidak dimunculkan banyak oleh mularto.

dimana-mana tuhan, ya.. tuhan dimana-mana.

tuhan semakin banyak, ah.. itu tuhan mularto saja.

disana sini serba tuhan, adalah tujuan hidup kita yang segala sesuatunya meski ditujukan kepada tuhan "kata,langkah,mendengar,melihat" harus serba tuhan..

bukan tuhanmu bukan tuhanku bukan tuhan mereka bukan tuhan siapa-siapa..
jika tuhan dituhankan mularto atau orang yang kekurangan tuhan??
tuhanku adalah tuhanku!! aku tidak menuhankan Dia, tapi Dia yang menuhankan Diri terhadap keyakinanku dan lalu aku tidak menolak ketuhanan-Nya

tuhanku... aku tidak pernah mununjuk-Nya menjadi tuhan, justru aku diciptakan sebagai hamba-Nya. dan Insya Allah aku tidak mengangkat tuhan lain selain Allah SWT..
adapun jika tanpa sadar saya hambakan diri pada hal laen dan mularto katakan itu tuhan, saya yakin tuhan itu semu dan tidak berdaya dalam kehidupanku, dan itu tidak layak saya akui sebagai tuhan.
jika banyak orang yang menghambakan diri kepada sesuatu, janganlah mularto menuduh tuhan itu yang semakin banyak, cukup kesintingan oranglah yang anda katakan..

astagfirullah...

gendut_geo mengatakan...

hahahahahha....
kalo gila jangan kelewatan mas...


coba di lihat lagi....
tulisan anda kayaknya beda dengan yang anda pikirkan

jangan..............
ingat malaikat ada pada kanan dan kiri anda

s!nthink mengatakan...

allowch,,, mas mularto,salam kenal,,,!!!

saya ini anak kemaren sore yang bodo,tapi dengan tingkat IQ & intelektual yang sejauh ini saya miliki,setelah membaca tulisan mas "mul" kok saya mencium adanya bibit2 munculnya "sekte" baru,karena saya melihat adanya pengakuan diri sebagai tuhan.hehehehe,,,,

inget mas,tuhan itu tidak buang hajat,,,!!!

kalaupun mas itu utusan tuhan,maka mas adalah "utusan yang gagal" karena masih banyak kekacauan,dan tidak ada prestasi yang patut dibanggakan dari mas.mohon maaf sblmny jikalau saya sok tahu,tapi agar kita lebih hati2 lain kali (karena tuhan tidak pernah tidur)dan dapat lebih saling mencintai.

Anonim mengatakan...

@ali . ..
tuhan semakin banyak, ah.. itu tuhan mularto saja. (U not got the point)
mularto U right this point