online degree programs

Minggu, Agustus 31, 2008

BERLOMBA MENJADI PEMENANG DALAM KEJUARAAN KORUPSI

Oleh: EKO SETYO ATMODJO*

Sekarang ini, penyakit korupsi kelihatannya telah menjadi wabah yang sangat berbahaya. Dan nampaknya belum ada obat mujarabnya.

Di negeri kita tercinta ini, nampaknya penyakit korupsi masih akan berlangsung lama dan akan manjangkit orang-orang yang masih merindukan untuk malihat rakyat miskin menderita. bagaimana tidak, hampir di semua lini diserang oleh penyakit mematikan ini. Dari lini yang paling kecil dan sederhana sampai lini besar yang sangat kompleks. Sebagai contoh untuk mempertegas pernyataan di atas, dari lini yang paling kecil dan sederhana, banyak kita jumpai pungutan-pungutan liar yang membebani rakyat kecil ketika dihadapakan pada permasalahan yang berhubungan dengan pejabat publik. Di tingkat pemerintahan yang paling bawah seperti kelurahan atau kantor kepala desa tingkat korupsi memang tidak seberapa. Sehingga hal ini sudah dianggap lazim jika kita harus memberi sedikit uang ketika kita mengurus sesuatu.

contoh selanjutnya yang juga ikut mempertegas pernyataan diatas yaitu kasus BLBI yang sampai sekarang menyeret aktor-aktor baru untuk ikut meramaikan pesta korupsi di tubuh bank sentral kita. Malah ke DPR pula kasusnya! nampaknya memang perlombaan menjadi pemenang dalam kejuaraan tropi bergilir piala koruptor ini menjadi favorit para pejabat publik kita.

Saya melihatnya sebagai sebuah ketidakwajaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang katanya menjunjung tinggi asas good geverment dan good governence. namun demikian, tidak serta merta saya menyalahkan para pejabat publik yang memang memanfaatkan moment kejuaraan seperti ini. Alasannya, pertama ada yang salah atau kurang tepat dalam mengakhiri kejuaraan ini baik dari struktur atau dalam budaya hukum kita, saya rasakan usaha untuk mengakhiri kejuaraan ini masih dalam wacana saja tanpa mereduksi keberhasilan para aparat penegak hukum kita, saya masih merasakan dan menyayangkan trobosan yang dibuat masih bersifat tebang pilih saja. Satu keheranan saya yang sampai sekarang juga sebetulnya juga masih heran pernahkah departemen pendidikan disentuh oleh aparat penegak hukum kita baik itu KPK maupun aparat dari kejaksaan yang memang diberikan kewenangan khusus untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan. Padahal ada indikasi kuat bahwa di departemen ini banyak orang yang memperebutkan trophy koruptor.

Alasan kedua, karena sudah ada kebulatan tekad untuk mengakhiri kejuaraan ini, maka instansi yang diberikan kewenangan khusus ini, katakan KPK, seharusnya tidak hanya ada di pusat atau di jakarta saja. Sehingga tinjauan location perlu diperhatikan seandainya lembaga ini ada di setiap propinsi atau di tingkat kab/kota. Maka saya yakin usaha mempercepat musnahnya kejuaraan ini relatif akan lebih mudah atau paling tidak lebih cepat.

Alasan ketiga. Memang banyak produk hukum yang sudah dibuat untuk menangani kasus ini, tapi itu hanya sebuah payung yang tidak lebih untuk melindungi para kontestan kejuaraan itu,. Yang sekarang rame diperbincangkan adalah masalah kostum untuk para kontestan kejuaraan. Sebetulnya itu bukan hal yang urgent dari pada kita susah-susah merancang kostum yang tepat lebih baik kita gunakan pikiran kita untuk mengkaji setiap produk perundangan yang mengatur masalah ini, undang-undang NO 31 tahun 1999 jo. undang-undang 20 tahun 2001 masih sangat banyak kekurangan. Sebagai contoh banyak khalayak yang tidak atau kurang setuju mengenai hukuman bagi para koruptor. Sebetulnya itu adalah sebuah kelemahan dari produk perundang-undangan, kedua undang-undang yang telah saya sebutkan diatas tidak mengatur yang namanya hukuman minimal khusus ataupun hukuman maksimal khusus. Jadi Pekerjaan Rumah kita bukan hanya pada tataran dapat bicara bahwa koruptor harus dihukum mati, wong aturannya saja salah bagaimana itu bisa terealisasi?

Alasan keempat, sebetulnya masih banyak aparat penegak hukum kita khususnya di daerah yang memang belu tahu atau sengaja tidak ingin tahu mengenai tata cara atau aturan dalam pidana khusus yang jelas berbeda dengan pidana umum.

Sementara cuma satu yang dapat saya sampaikan, sunggung malang nasibmu indonesiaku!

*Calon Koruptor yang belum dapat kesempatan korupsi, tinggal di Semarang

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Memang, naas benar nasib ibu pertiwi.

Banyak malin kundang baru di negerimu yang terlindung dan terselubung.

tak sedikit pula sangkuriang2 modern yang lupa kepada sang ibu lalu buta mata dan ingin memiliki seluruh tubuh sang ibunda hanya karena ingin menikmati molek kekayaan yang hanya untuk dirinya sendiri lalu melupakan posis dan prestasi, yang ada hanya caci maki.

Imam Semar mengatakan...

Kami di EOWI selalu mengatakan:
Democracy is a government by the people, of the people, to fool the people.

Ada penipu kecil, penipu ulung, politikus dan Cut Zahara Fonna dan Djoko Suprianto....

Semuanya berdasarkan sejarah dimana orang tidak pernah bisa belajar

He he he he he

Anonim mengatakan...

saya kira itulah hebatnya demokrasi, mas Imam.sesuatu yang tidak hanya mengakui (dan 'membebaskan') kekuatan manusia bekerja tetapi sekaligus juga kelemahannya.

yang paling mendasar, bagi saya, democracy is not the government itself, it is just the system. it is a way, not a vehicle.

begitu pandangan saya, mas Imam. mohon tanggapannya.

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!

Anonim mengatakan...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]order processing software, [url=http://firgonbares.net/]college student software discounts[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] buy microsoft office software academic software australia
free antivirus for windows xp [url=http://firgonbares.net/]download adobe photoshop cs3[/url] cheap oem software
[url=http://firgonbares.net/]downloadable spyware software[/url] Pro Apple Remote
[url=http://firgonbares.net/]advocate office software[/url] radio shop software
windows vista gadgets [url=http://firgonbares.net/]office 2007 enterprise torrent[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://sunkomutors.net/][img]http://sunkomutors.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]order system software, [url=http://sunkomutors.net/]the best online store software[/url]
[url=http://sunkomutors.net/][/url] dreamweaver software for sale coreldraw x3 upgrade
autocad light [url=http://sunkomutors.net/]adobe acrobat 9 key[/url] acdsee download
[url=http://sunkomutors.net/]filemaker pro activation[/url] cracks for adobe acrobat 9 pro extended
[url=http://sunkomutors.net/]microsoft office software[/url] selling of software
buy cheap adobe software [url=http://sunkomutors.net/]buy pdf software[/b]

Anonim mengatakan...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]sell your software online, [url=http://vonmertoes.net/]academic discounts on software[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] starting coreldraw with rdp wheel mouse fails to work academic version software
software for medical shop [url=http://bariossetos.net/]student discounts on computer software[/url] software for sale online
[url=http://vonmertoes.net/]microsoft office 2003 student[/url] software store pictures
[url=http://vonmertoes.net/]discount software ms[/url] discount oem software limited
2009 Mac [url=http://bariossetos.net/]wisconsin student discount software[/b]