online degree programs

Selasa, April 08, 2008

Peta Politik Pilgub Jateng 2008

Salah satu hal terpenting dalam pelaksanaan pemilihan secara langsung ialah diskursus dan perhatian lebih pada electoral process –struktur, peserta, penyelenggara, dan mekanisme pemilihan. Dalam proses pemilihan langsung ketiga elemen ini saling mendapatkan manfaat sebesar-besarnya jalan memilih fungsi sebagai alat, yaitu : pertama, membangun legitimasi dari rakyat atau memperjuangkan kepentingan publik. Kedua, menciptakan stabilitas politik dan pemerintahan yang kuat atau merealisasikan partisipasi sebagai waujud hak politik rakyat. Ketiga, memobilisasikan aktivitas politik rakyat atau mewujudkan pendidikan politik rakyat. Keempat, memobilisasi aktivitas politik rakyat atau mewujudkan pendidikan politik rakyat. Dan cara masing-masing struktur itu mengambil dalam berinteraksi satu sama lain berdasarkan kompetisi atau dominasi, secara terbuka atau dan menggunakan intimidasi atau argumentasi. Pilihan-pilihan tujuan, polarisasi struktur dan cara interaksi tersebut menunjukkan kecenderungan demokratis tidaknya pemilu.

Bersamaan dengan itu pula diperlukan bacaan yang komprehensif terkait dengan factor internal dan eksternal dalam proses pelaksanaan pemilihan langsung yang jujur dan adil. Bacaan esternal dapat dimulai dengan melihat sejaub mana perkembangan dan trend politik menemukan bentuknya, kecenderungan-kecenderungan pemilih dan pergeseran opini publik. Membaca peta politik ini memang tak cukup mendalami dengan study kepustakaan, politik bukan lagi suatu sistem yang tidak terukur (unquantifiable) dan tidak dapat diprediksi (unpredictable), dengan demikian riset kuantifikasi politik menjadi salah satu instrument yang vital dalam menentukan gambaran peta politik dengan akurasi tertentu.

Kendatipun demikian, peta politik wajar adanya bisa di lihat dari kaca mata kualitatif untuk mendapatkan persepsi awal tentang kekuatan-kelemahan, fakta-fakta yang muncul dalam pelaksanaan pemilihan langsung. Untuk membaca peta politik dalam pilgub jawa tengah, bacaan bisa dimulai dengan tingkat partisipasi dalam pemilihan langsung sebelumnya, terutama pemilihan legislatif sebelumnya.

Partisipasi Politik Pilgub

Berbicara tentang partisipasi, Gaventa dan Valderama (1999), mencatat ada tiga tradisi konsep partisipasi terutama bila dikaitkan dengan praksis pembangunan masyarakat yang demokratis yaitu: partisipasi politik, partisipasi sosial, dan partisipasi warga sebagaimana dikutip oleh Suherman (2003: 1-5). Tiga partisipasi tersebut akan diuraikan sebagai berikut :

Pertama, partisipasi politik: representasi dalam demokrasi. Dalam kerangka demokrasi, partisipasi dipandang sebagai inti dari demokrasi. Karena itu pada awalnya konsep partisipasi dikaitkan dengan proses-proses politik yang demokratis. Ada dua pendekatan terhadap demokrasi: pendekatan normatif dan pendekatan empirik. Pendekatan normatif, menekankan pada ide dasar dari demokrasi yaitu kedaulatan ada di tangan rakyat dan oleh karenanya pemerintahan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk rakyat. Sedangkan pendekatan empirik menekankan pada perwujudan demokrasi dalam kehidupan politik. Representasi partisipasi politik pada umumnya menghasilkan sebuah legitimasi, berupa pemimpin atau lembaga perwakilan.

Kedua, Partisipasi sosial: keterlibatan beneficiary dalam proyek pembangunan. Disamping tradisi partisipasi politik, terutama sejak tahun 1970-an, telah berkembang konsep partisipasi yang berorientasi pada perencanaan dan implementasi pembangunan. Dalam konteks pembangunan Stiefel dan wolfe mengartikan ‘partisipasi’ sebagai “upaya terorganisasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap sumber daya dan lembaga pengatur dalam keadaan sosial tertentu oleh pelbagai kelompok dan gerakan yang sampai sekarang dikesampingkan dalam fungsi pengawasan”. Dalam pengertian ini partisipasi ditempatkan di luar negara atau lembaga-lembaga formal pemerintahan. Karena sifatnya yang berada di luar lembaga negara atau lembaga formal pemerintahan, konsep ini dapat kita sebut sebagai partisipasi sosial. Partisipasi ditempatkan sebagai keterlibatan masyarakat terutama yang dipandang sebagai ‘beneficiary’ pembangunan dalam konsultasi atau pengambilan keputusan dalam semua tahapan siklus proyek pembangunan dari penilaian kebutuhan, perencaan, pelaksanaan, sampai pemantauan dan evaluasi program. Ada beberapa asumsi yang diterima secara umum untuk mendorong partisipasi sosial: rakyatlah yang paling tahu kebutuhannya, karena itu rakyat mempunyai hak untuk mengidentifikasi dan menentukan kebutuhan pembangunan di lokalnya. partisipasi sosial dapat menjamin kepentingan dan suara kelompok-kelompok yang selama ini dimarjinalkan dalam pembangunan hukum, ekonomi, sosial, budaya; partisipasi sosial dalam pengawasan terhadap proses pembangunan dapat mengurangi terjadinya berbagai penyimpangan, penurunan kualitas, dan kuantitas program pembangunan.

Ketiga, Partisipasi Warga: Pengambilan Keputusan Langsung dalam Kebijakan Publik Diskusi yang lebih luas mengenai partisipasi telah menempatkan “partisipasi warga” baik sebagai konsep maupun praktek yang niscaya. Berbeda dengan partisipasi politik yang lebih menekankan ‘representasi’ dan partisipasi sosial yang menempatkan partisipasi ‘diluar’ lembaga kepemerintahan, partisipasi warga menekankan pada ‘partisipasi langsung’ warga dalam pengambilan keputusan pada lembaga dan proses kepemerintahan. Gaventa dan Valderama, menegaskan bahwa partisipasi warga telah mengalihkan konsep partisipasi “….dari sekedar kepedulian terhadap ‘penerima derma’ atau ‘kaum tersisih’ menuju ke suatu kepedulian dengan berbagai bentuk keikutsertaan warga dalam pembuatan kebijakan dan pengambilan keputusan di berbagai gelanggang kunci yang mempengaruhi kehidupan mereka”.

Partisipasi sosial tidak banyak teruraikan dalam data-data angka, sebagaimana partisipasi warga yang dapat diidentifikasikan bahwa lebih dari 50 % warga / khalayak pemilih jawa tengah memilih menymbangkan suaranya di TPS ketimbang abstaian, atau golput. Tercatat dari jumlah pemilih pada tahun 1999 sebanyak 20.679.828 pemilih dan bertambah pada tahun 2004 sekitar 22.791.184 pemilih, sekitar 17. 231.911 pemilih untuk DPR-RI, 17.189.225 pemilih untuk DPRD Provinsi, dan 17.149.148 pemilih untuk pemilih DPRD Kabupaten/ Kota pada pemilihan langsung tahun 1999. Kemudian suara sah sekitar 17.654.550 untuk DPR RI, 17.644.333 untuk DPRD Provinsi, dan 17.548.522 untuk DPRD Kabupaten/ Kota pada pemilihan langsung pada tahun 2004. Kita tak akan membahas partisipasi warga yang relative lebih tinggi untuk menyalurkan hak suaranya terhadap wakil rakyat yang lebih tinggi, karena di tingkat DPRD Kota/ Kabupaten, suara pemilih lebih sedikit ketimbang suara untuk Provinsi atau di tingkat nasional. Namun, perlu kita lihat sebagai sebuah realitas bahwa disamping tingkat partisipasi yang relatif tinggi, disktribusi penyaluran suara kebanyakkan untuk pengisian jabatan publik di lembaga negara tingkat pusat.

Peta Politik

Peta politik ini dapat dilihat dari berbagai perspektif. Pertama, komposisi DPRD di pandang dari perolehan suara. Tamzil-Rozaq yang diusung oleh PPP dan PAN diproyeksikan dapat memperoleh 20 % suara, Bambang Sadono-Muhammmad Adnan dar Partai Golkar diperkirakan akan mendapat 17 % suara, Agus Suyitno-Abdul Kholiq Arif dari Partai Kebangkitan Bangsa diperkirakan akan mendapat 15 % suara, Sukawi Sutarip-Sudharto Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtaera diperirakan akan mendapatkan 17 % suara dan Bibit Waluyo-Rustriningsih PDI-P diperkirakan akan mendapatkan 31 % suara sebagaimana potret 17.644.333 untuk DPRD Provinsi pada pemilihan legislatif kemarin. Memang, perolehan suara partai tidak ekuivalen terhadap pilihan warga pada calon yang diusungnya, ungkap sebagian besar lembaga dan tokoh riset di Indonesia atau luar negeri akan tetapi, sah saja ini menjadi parameter awal bagi pengamat untuk menelaah kekuatan tiap-tiap calon dalam pilgub.

Klaim seperti ini seharusnya menjadi mesin pemompa partai untuk menjadikan kader sebagai mesin politik yang efektif untuk memenangkan suara pada pemilihan gubernur jateng yang secara bersamaan dapat bermanfaat secara praktis guna menguatkan basik komunikasi, ketangkasan, dan loyalitas kader terhadap partai sehingga dapat berguna bagi pemenangan dan pengingkatan suara partai pada pemilu yag akan datang.

Kedua, klaim kepemilikan emosional massa arus bawah berdasarkan cluster segmentasi pemilih berdasarkan tempat geografis. Misalnya saja Sukawi yang bisa saja mengklaim bahwa Kota Semarang yang memiliki jumlah pemilih 1.031.392 dan Kabupaten Pati yang wakil Bupatinya dijabat oleh anaknya, dipercaya akan mampu menggiring sebgaian besar massa dari 867.184 pemilih di daerah tersebut. Kemudian, kandidat-kandidat yang memiliki basis di daerahnya dikarenakan masih dan pernah menjabat sebagai pejabat publik yang strategis. Misalnya kepala daerah daerah tertentu yang tentunya masih membawa citra positif dan popularitas yang masih memadai seperti halnya Abdul Kholiq Arif Kabupaten Wonosobo bisa saja mengklaim sebagian besar sejumlah pemilih 528.993 dan Rustriningsih yang mengharap banyak untuk kecenderungan pemilih 810.850 warga Kabupaten Kebumen yang menjatuhkan hati padanya kembali pada Pilgub jateng mendatang. Terakhir, Tamzil mantan Bupati Kudus yang yakin mendapatkan suara penuh di 527.610 pemilih Kabupaten Kudus, dan 641.284 pemilih Kabupaten Semarang sebab posisi struturalnya di pemda Kabupaten Semarang sebelum manjabat Bupati Kudus. Meski tingkat akurasi cukup rendah klaim ini, namun dalam kerangka logis dan etis, klaim ini wajar saja tergelontor ke khalayak dan jadi kajian para pengamat.

Ketiga, dalam konteks biground kandidat. Agus Suyitno dan Bibit Waluyo mau-tidak mau mengharapkan dukungan dari kalangan militer karena kapasitasnya yang dulu pernah menjabat menjadi pangdam Jateng. Meskipun tak ada dukungan yang bersifat langsung –karena militer tak memiliki hak suara dalam pemilihan langsung- dukungan ini diimplementasikan dalam bentuk penggiringan massa sekitar militer yang potensi untuk diarahkan pada kandidat tertentu. Pada umumnya militer memiliki posisi dan bargain sosial di masyarakat relatif tinggi, maka cukup relevan bagi kandidat untuk meraih dukungan dari kalangan militer di samping faktor keamanan yang terjaga. Kemudian, Sukawi, Abdul Kholiq Arif, Rustriningsih, dan Tamzil yang secara bersamaan merupakan orang yang memiliki jabatan sebagai kepala daerah di daerah masing-masing, tentu memiliki pengaruh cukup kuat dalam mempengaruhi dan citra positif dalam benak aparat pemerintahan (PNS) masih melekat secara akut. Sedangkan Sudharto berasal dari kalangan profesi guru, sekaligus masih menjabat menjadi ketua umum PGRI Jateng, dengan demikian, klaim mengelinding akan dukungan dari kalangan guru di lingkup Jateng cukup santer. Sementara Bambang yang masih mengandalkan mesin partai yang ditambah dengan posisi Adnan sebagai Ketua PWNU mencerminkan dukungan dari kalangan Nahdliyin cukup diandalkan. Rozaq dari kalangan politikus, dari berasal dari ormas Muhammadiyah mengharapkan banyak dukungan dari masyarakat Muhammadiyah. Tak seperti Muhammadiyah yang kemungkinan besar bulat mendukung Rozaq, Nahdliyin diperkirakan secara politis, bukan struktural, banyak yang terdiaspora mendukung beberapa kandidat, mengingat tak hanya satu kadernya yang maju dalam bursa pencalonan gubernur dan wakil. Abdul Kholiq Arif cukup dikenal di kalangan Nahdliyin Wonosobo, Adnan yang pernah menjabat sebagai ketua PWNU, dan Sudharto yang pernah berada dalam struktur Ma’arif belum lagi klaim afiliasi partai oleh PPP dan PKB yang merasa ada hubungan kedekatan dengan masyarakat kalangan Nahdliyin. Memang Nahdliyin ditetapkan pada Khittohnya, untuk tetap netral, independen, dan kultural, namun untuk dukung-mendukung dikembalikan pada hak politik warga secara individual, bukan keputusan lembaga/ organisatoris.

Berbagai analisa dapat digunakan untuk menganalisa peta politik secara kualitatif, mulai dari seberapa besar dukungan partai/ gabungan partai pendukung berikut pengelolaan simpatisan partainya, dukungan massa mengambang/ arus bawah, dukungan birokrasi pemerintahan dan TNI/ POLRI, dukungan kelompok-kelompok kepentingan di luar partai politik seperti organisasi kemasyarakatan (ormas), organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), organisasi-organisasi profesi dan bisnis, serta dukungan kelompok penekan (pressure group) seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM, mahasiswa, oranisasi buruh/ tani/ nelayan dan pers lokal.

Awaludin Marwan, SH

Direktur Eksekutif Democracy Watch Organization (DEWA ORGA)

10 komentar:

Anonim mengatakan...

[u][b]Xrumer[/b][/u]

[b]Xrumer SEO Professionals

As Xrumer experts, we from been using [url=http://www.xrumer-seo.com]Xrumer[/url] fitted a large time for the time being and know how to harness the enormous power of Xrumer and build it into a Banknotes machine.

We also yield the cheapest prices on the market. Assorted competitors desire expect 2x or consistent 3x and a lot of the time 5x what we charge you. But we have faith in providing gigantic help at a debilitated affordable rate. The whole point of purchasing Xrumer blasts is because it is a cheaper surrogate to buying Xrumer. So we aim to abide by that bit in rebuke and yield you with the cheapest standing possible.

Not solitary do we be suffering with the best prices but our turnaround heyday payment your Xrumer posting is wonderful fast. We will take your posting done to come you certain it.

We also cater you with a roundish log of well-heeled posts on contrary forums. So that you can get the idea over the extent of yourself the power of Xrumer and how we have harnessed it to gain your site.[/b]


[b]Search Engine Optimization

Using Xrumer you can trust to apprehend thousands upon thousands of backlinks in behalf of your site. Tons of the forums that your Site you settle upon be posted on have great PageRank. Having your association on these sites can deep down mitigate establish up some top-grade dignity help links and as a matter of fact aid your Alexa Rating and Google PageRank rating via the roof.

This is making your instal more and more popular. And with this increase in reputation as well as PageRank you can expect to lead your site absolutely superiority high in those Search Motor Results.
Conveyance

The amount of conveyance that can be obtained nearby harnessing the power of Xrumer is enormous. You are publishing your plat to tens of thousands of forums. With our higher packages you may equivalent be publishing your position to HUNDREDS of THOUSANDS of forums. Visualize 1 mail on a in demand forum will by rig out 1000 or so views, with announce ' 100 of those people visiting your site. Now imagine tens of thousands of posts on popular forums all getting 1000 views each. Your see trade liking withdraw at the end of one's tether with the roof.

These are all targeted visitors that are interested or exotic about your site. Deem how innumerable sales or leads you can execute with this colossal gang of targeted visitors. You are truly stumbling upon a goldmine bright to be picked and profited from.

Keep in mind, Above is Money.
[/b]

GO YOUR INFERIOR BLAST TODAY:


http://www.xrumer-seo.com

Anonim mengatakan...

Someone deleted several links from upnito and megaupload ...

From now, we will use www.tinyurlalternative.com as our default [url=http://www.tinyurlalternative.com]url shortener[/url], so every link will be there and visible for everyone.

You can choose from several great [url=http://kfc.ms]short url[/url] address like:

kfc.ms easysharelink.info jumpme.info megauploadlink.info megavideolink.info mygamelink.info myrapidsharelink.info mytorrentlink.info myurlshortener.com mywarezlink.info urlredirect.info urlshrinker.info weblinkshortener.com youtubelink.info and many others.

They have above 60 other ready domains and the [url=http://myurlshortener.com]url shortener[/url] service work properly for free without any registration needed.

So we assume it is good notion and propose you to use [url=http://urlredirect.info]url redirect[/url] service too!

Thank you.

Anonim mengatakan...

FlipBooth is the Pinoy TV ! The web site has a lot to offer. This website has Pinoy Videos, Pinoy Online TV, Pinoy Channel TV, Pinoy TV, and many more. I like that we can also chat to my Pinoy colleagues here as well. I can watch Pinoy channels, tv, videos and also enjoy Pinoy music. I love Flipbooth! Thank you very much FlipBooth!

Anonim mengatakan...

FlipBooth is the Pinoy Youtube ! The web site has every thing to offer. They have Pinoy Videos, Pinoy Online TV, Pinoy Channel TV, Pinoy TV, and many more. I love that I am able to also voice chat to my new Pinay friends over here as well. I can enjoy Pinoy channels, tv, videos and also enjoy Pinoy music. I love Flipbooth! Thank you very much FlipBooth!

Anonim mengatakan...

Me and my family always enjoy FlipBooth videos from this web site every time! I really like it! I love to talk with new pinay friends, also. The site have great pinoy channels, and pinoy music videos. I love Flipbooth! Thank you very much FlipBooth!

Anonim mengatakan...

Me and my brother always enjoy pinoy tv from this website every day! I really love it! I love to chat with new pinay friends, also. The site have great pinoy channels, and pinoy music videos. I love Flipbooth! Thank you very much FlipBooth!

Anonim mengatakan...

FlipBooth is the Pinoy Channel TV! This web site has every thing to offer. They have Pinoy Videos, Pinoy Online TV, Pinoy Channel TV, Pinoy TV, and many more. I am thrilled of that we are able to also talk with my Pinoy acquaintances over here too. I can enjoy Pinoy channels, tv, videos and also listen to Pinoy music. I love Flipbooth always!

Anonim mengatakan...

Me and my brother always enjoy Pinoy tv from this website every time! I really enjoy it! I love to chat with new found filipino friends, also. The site have great Pinoy video, and Pinoy music videos. I love Flipbooth always!

Anonim mengatakan...

top [url=http://www.c-online-casino.co.uk/]free casino[/url] coincide the latest [url=http://www.realcazinoz.com/]realcazinoz[/url] autonomous no store bonus at the best [url=http://www.baywatchcasino.com/]unshackle casino games
[/url].

Anonim mengatakan...

[url=http://www.23planet.com]Online casinos[/url], also known as accepted casinos or Internet casinos, are online versions of household ("chunk and mortar") casinos. Online casinos own gamblers to dissemble and wager on casino games with the grant-money the Internet.
Online casinos chiefly instruction odds and payback percentages that are comparable to land-based casinos. Some online casinos require on higher payback percentages in the use of daring contrivance games, and some quality community payout use audits on their websites. Assuming that the online casino is using an correctly programmed indefinitely lavish generator, recount games like blackjack preoccupy an established watch over edge. The payout fragment as a replacement pro these games are established erstwhile the rules of the game.
Uncountable online casinos signify on unfashionable or acquisition their software from companies like Microgaming, Realtime Gaming, Playtech, Supranational Contrivance Technology and CryptoLogic Inc.